Jika Musibah Berlanjut

HerkulesDalam seminggu ini dua kecelakaan pesawat terbang menghiasi halaman depan koran terkemuka Indonesia. Yang pertama, maskapai Italia yang meledak dan menewaskan ratusan penumpangnya. Keesokan harinya, jatuhnya pesawat Hercules di Medan menelan korban ratusan jiwa meninggal. Terbayang ribuan orang menangis mengetahui kerabatnya ditemukan sudah tak bernyawa lagi. Menyedihkan.

Bagaimana kita memandang hal ini?
Di satu sisi, musibah semacam itu bisa sewaktu-waktu menimpa kita. Tidak ada yang menduga kapan kecelakaan bakal terjadi. Tidak hanya pada pesawat terbang. Hal ini bisa juga terjadi di kereta api, bis, atau moda transportasi lainnya. Akan tetapi kecelakaan yang merenggut nyawa tentu tidak hanya disebabkan oleh hal-hal semacam itu. Orang yang berdiam di rumah pun bisa meninggal. Tentang hal ini kita melihatnya sebagai gejala hidup yang bisa menimpa setiap orang. Dengan demikian bukan tidak mungkin hal ini kita alami.

Haruskah kita khawatir?
Dalam Alkitab tertulis, “Serahkanlah kekhawatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.” (1 Petrus 5.7) Hal ini hendaknya melandasi langkah kita. Memikirkan hal-hal yang membuat kita takut hanya akan menambah beban sehingga kinerja kita tidak optimal. Lebih dari itu, hidup tidak akan terasa nikmat kala kita dipenuhi pikiran-pikiran yang belum tentu kita alami. Sebaliknya, jalani hidup sehari demi sehari dengan sikap optimis. Berlakukanlah kiat memandang hidup sebagai sesuatu yang ringkih, mudah terlepas kapan saja. Oleh karena itu di kala kita dapat men-jalaninya, nikmatilah itu sebaik mungkin. Maksudnya, lakukanlah hal-hal yang kita kenali sebagai kebaikan, selagi kita masih diberi kepercayaan melakukannya.

Satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah antisipasi terhadap hal-hal yang bisa dicegah. Upayakan pemeriksaan terhadap segala sesuatu yang akan kita lakukan supaya kita tidak menyesali hasilnya. Persiapkan segala sesuatu sematang mungkin supaya dapat meminimalkan kecelakaan. Keyakinan bahwa Tuhan menyertai dan menolong kita akan semakin memampukan kita menghadapi segala perkara di depan kita.

YeeNWe (Cermin - Warta Jemaat, 05 Juli 2015)

Hubungi Kami

Gereja Kristen Indonesia Serpong
Giri Loka 2, Jl. Gunung Merbabu Blok R
BSD City, Tangerang Selatan, Banten
INDONESIA

Phone: 021-5370366, 021-70604891
Fax: 021-5372125, Email: kantor@gkiserpong.org
Naskah artikel ke webgkis@gmail.com

Kantor Gereja

Jam Kerja Kantor:
Hari Minggu: Pkl. 07:00-12:00 & 16:30-19:00 wib
Hari Selasa s/d Sabtu: Pkl. 08:00-16:00 wib

Kunjungan

Flag Counter